Selasa, 26 Juni 2012

Dukcapil Lombok Timur Bagi Masal Akte Kelahiran


dimyati/gomong.com. Pelaksanaan pembagian akte kelahiran secara masal di Kantor Dinas Dukcapil Lotim, hari ii.
SELONG, GOMONG.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Timur, Senin (25/6) membagi secara masal akte kelahiran kepada masyarakat. Pembagian 14.633 akte kelahiran itu berlangsung di Kantor Dinas Dukcapil.

Belasan ribu akte kelahiran yang dibagi masal tersebut akte yang dibuat tahun 2011 tetapi hingga saat ini belum diberikan. “Pembagian masal ini salah satu langkah menebus kesalahan Pemkab, khususnya Dukcapil, kepada masyarakat atas kelalaian memberikan pelayanan dalam pembuatan akte kelahiran tersebut,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Lotim H Lukmanul Hakim di kantornya, Senin (25/6).
Bagi yang tak datang mengambil, lanjutnya, akan diantarkan langsung ke wilayah asalnya, dengan melakukan kerjasama dengan pihak desa dan kecamatan. “Bahkan kalau memungkinkan, kita akan mengantar langsung ke rumah masing-masing pemohon,” janjinya.
Bukan itu saja, pihaknya juga telah membuat posko pengaduan terkait pembuatan akte kelahiran 2011. “Akte kelahiran yang kita bagikan hari ini sebanyak 14.633 dari 16.594 akte kelahiran yang bermasalah,” jelasnya.
Yang belum dibagikan adalah yang dinilai masih bermasalah. Terhadap yang bermasalah ini, Dukcapil tidak mencetak akte kelahirannya. Baru akan dicetak kalau pemohon datang melengkapi persyaratan, seperti melakukan pembayaran. “Yang belum dicetak ini, selain syarat tidak lengkap, juga belum membayar (administrasinya),” pungkasnya. (dim/won)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar