Selasa, 26 Juni 2012

Waspadai Beredarnya Akte Kelahiran Palsu

dimyati/gomong.com. Kepala Dinas Dukcapil Lotim H Lukmanul Hakim.
SELONG,GOMONG.COM – Masyarakat Lombok Timur (Lotim) diminta mewaspadai beredarnya akte kelahiran palsu pascaraibnya ribuan akte kelahiran dari gudang Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Timur (Lotim) baru–baru ini.

“Kasus raibnya ribuan akte kelahiran tersebut, sedang dalam penanganan pihak berwajib. Kita berharapkan kasus ini tak hanya mengungkap pelakunya, tetapi modusnyapun bisa terungkap,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Lotim H Lukmanul Hakim di kantornya, Senin (25/6).
Lukman juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap calo akte kelahiran. Menyusul raibnya ribuan akte itu, di tengah masyarakat saat ini diduga beredar akte kelahiran palsu, sehingga perlu diwaspadai. Apalagi dibarengi dengan beredarnya stempel dan tandatangan palsu.
“Kalau ada masyarakat yang meragukan akte kelahiran yang pernah dibuat, silahkan datang langsung ke Dukcapil untuk konfirmasi dan mengecek palsu atau tidaknya, karena setiap akte kelahiran yang keluar telah terdata,” katanya.
Jika saat pengecekan diketahui tidak masuk dalam daftar yang ada, maka akte kelahiran itu palsu. “Terhadap kasus ini, Dukcapil memberikan keringanan tanpa melanggar aturan yang ada untuk dilakukan pembuatan yang baru,” katanya.
Hal ini pun dilakukan tanpa adanya pungutan alias gratis. “Kasihan masyarakat, sudah jatuh tertimpa tangga lagi. Mereka sudah bayar mahal-mahal, akte kelahiran yang dibuat ternyata palsu. (dim/won)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar