Minggu, 24 Juni 2012

Dimerisasi dan Trimerisasi Alkena

Dimerisasi adalah reaksi penggabungan dua molekul kecil yang dinamakan monomer membentuk dimer. Jika 3 (tiga) monomer yang bergabung, maka terbentuklah trimer. Reaksi penggabungan 3 monomer dinamakan trimerisasi. Ketika banyak monomer yang bergabung, maka terjadilah polimerisasi dan senyawa yang terbentuk dikenal sebagai polimer. Jenis reaksi ini merupakan sifat kimia penting dari senyawa golongan alkena.
Untuk mempelajari reaksi polimerisasi, sebaiknyalah dimerisasi dan trimerisasi dipahami lebih dahulu. JJenis reaksi ini akan dipelajari di kelas XII semester akhir. Namun karena padatnya konsep yang dipelajari pada saat-saat akan menghadapi ujian, maka reaksi ini dapat dipertimbangkan untuk diberikan kepada siswa di kelas X, hanya konsep yang sederhana saja. 

Mengapa alkena sebagai monomer dapat mengalami dimerisasi? Karena molekul alkena memiliki sebuah ikatan kovalen rangkap C=C pada rantai atom C-nya. Apakah reaksi dimerisasi ini terjadi pada ikatan rangkap C=C tersebut? Ya, benar. Ciri khas dari alkena sebagai hidrokarbon tak jenuh adalah ikatan rangkap C=C tersebut. Oleh sebab itulah reaksi ini juga menjadi sifat kimia yang penting untuk senyawa alkena.
Bagaimana reaksi dimerisasi untuk etena? Tiap dua molekul etena bergabung membentuk dimer. Berikut persamaan reaksinya.
CH2=CH2 + CH2=CH2 → -CH2-CH2-CH2-CH2-
Bagaimana tahapan atau langkah terbentuknya dimer tersebut? Mula-mula kedua molekul etena bertumbukan, sepasang elektron dari ikatan rangkap membuka dan terbentuklah ikatan baru antar kedua molekul tadi. Karena sepasang elektron membuka, berarti masing-masing elektronnya terpisah. Itulah sebabnya, diantara kedua molekul tersebut elektron yang terpisah tadi berpasangan dan di kedua ujungnya elektron masih membuka, siap untuk membentuk ikatan berikutnya.
Bagaimana trimerisasi dari etena? Pada dimerisasi tadi, kedua ujung rantai atom C masih mengandung elektron tak berpasangan. Nah elektron itulah yang akan membentuk ikatan berikutnya. Bagaimana persamaan reaksinya? Perhatikan persamaan berikut.
3 CH2=CH2 → (-CH2-CH2-)3
Penulisan rumus struktur di atas diringkas dan penulisan ini diijinkan. Cara menulisnya, sepasang elektron dari molekul etena yang membuka ditandai dengan garis penghubung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar