Minggu, 24 Juni 2012

Reaksi Polimerisasi Alkena

Polimerisasi adalah reaksi penggabungan molekul-molekul kecil menjadi molekul-molekul yang besar. Kata poli berarti banyak. Senyawa yang dihasilkan pada reaksi ini diberi nama sesuai nama asalnya, kemudian ditambahkan kata poli. Karena senyawa yang dihasilkan diberi nama poli, senyawa tersebut digolongkan sebagai polimer, maka molekul-molekul kecil yang membentuk polimer dinamakan monomer.
Pembahasan berikut ditujukan untuk reaksi polimerisasi alkena yang sederhana. Contoh senyawa alkena yang dibahas adalah etena, C2H4 dan propena, C3H6. Untuk menuliskan persamaan reaksinya, dapat ditinjau kembali penulisan persamaan reaksi dari dimerisasi dan trimerisasi etena pada artikel sebelumnya. Setelah itu cermati reaksi berikut ini, Insya Allah tidak sulit. Banyak siswa kelas X yang telah mempelajari reaksi ini.
n (CH2=CH2) → (-CH2-CH2-)n
Mengapa molekul monomer etena dikalikan dengan n? Karena poli berarti banyak, maka disimbolkan dengan n. Pada persamaan reaksi cukup ditulis satu molekul saja; yang penting sepasang elektron dari C=C membuka ke kiri dan ke kanan. Senyawa yang dihasilkan dinamakan polietena. Untuk propena harus berhati-hati, karena rantai atom C diluar C=C tidak mengalami perubahan atau tidak ikut berpolimerisasi.Ubahlah dahulu cara menuliskan rumus strukturnya.
CH3CH=CH2 → CH(CH3)=CH2
Setelah strukturnya diubah seperti di atas, barulah reaksi polimerisasinya dapat ditulis.
n {CH(CH3)=CH2} → {-CH(CH3)-CH2-}n
Senyawa yang terbentuk adalah polipropena. Jangan lupa bahwa kedua garis ikatan kiri dan kanan harus ditulis. Bagaimana persamaan reaksi pembentukan poli vinil khlorida (PVC)? PVC monomernya vinil khlorida, CH2=CHCl.
n (CH2=CHCl) → (-CH2-CHCl-)n
Dalam menuliskan persamaan reaksi polimerisasi, molekul yang direaksikan boleh ditulis satu saja. Namun jika ingin menuliskan 2 molekul, tidak masalah. Lebih dari 2 molekul, sebenarnya tidak ada gunanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar