Jumat, 10 Agustus 2012

Peresmian Laboratorium Ketrampilan MAN 1 Mataram

Foto

Mataram_04/08/2012 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Usman menghadiri undangan buka puasa persama dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an 1433 H sekaligus dirangkaikan dengan peresmian Laboratorium Keterampilan MAN 1 Mataram. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Mapenda, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Mataram, Kepala MAN 2 Mataram, ketua Pokjawas Kota Mataram dan Lombok Barat serta tamu undangan lainnya.
Kepala MAN 1 dalam sambutannya mengatakan bahwa latar belakang dibangunnya Loboratorium Keterampilan MAN 1 Mataram adalah untuk memberikan bekal keterampilan bagi para siswa miskin yang ada di MAN 1 berkisar antara 20% murid yang ada di MAN 1 ini masih tergolong miskin. Beliau juga mengatakan bahwa siswa dan siswi MAN 1 yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, banyak diantara mereka yang menjadi kuli ataupun buruh bangunan dan penjaga toko. Hal inilah yang menginspirasi Kepala MAN 1 Mataram untuk membangun Laboratorium Keterampilan guna membekali siswa siswinya agar memiliki keterampilan kecakapan hidup (life skill).

Kakanwil Kementerian Agama Prov. NTB menyambut baik gagasan tersebut,dalam sambutannya beliau sangat mendukung program dan kegiatan laboratorium ketrampilan MAN 1 Mataram seperti menjahit, sablon, printing dan fhotografi. Bahkan beliau menawarkan pada Hari Amal Bhakti Kementerian Agama yang akan datang supaya baju kaos seragam dicetak di laboratorium Ketrampilan MAN 1 Mataram. Beliau juga menghimbau dan mengharapkan seluruh jajaran Kemenag NTB untuk mendukung cikal bakal laboratorium ketarmpilan ini supaya bisa lahir di madrasah-madrasah yang lain untuk menyiapkan anak-anak didik menjadi tenaga terdidik,terlatih dan trampil dalam rangka menyongsong era globalisasi yang penuh dengan persaingan.
Beliau menambahkan bahwa MAN 1 Mataram adalah satu-satunya MAN di NTB untuk Madarasah Negeri yang menyiapkan siswa-siswinya untuk ketarmpilan kecakapan hidup. Kedepan Kakanwil mengharapkan ketrampilan otomotif bisa disiapkan di MAN 1 Mataram ini.
Selanjutnya uraian hikmah Nuzulul Qur’an disampaiakan oleh Ustadz Dr. H. Subhan Abdullah Acim, MA. Dalam uraiannya beliau menyatakan bahwa kita harus banyak bersyukur atas nikmat dan karunia ALLah SWT yang begitu banyak diberikan kepada kita salah satunya adalah kita masih dipertemukan dengan bulan Rhamadhan yang penuh hikmah, rahmat dan ampunan. Maka, sengguh sangat merugi orang yang membiarkan dan menyia-nyiakan kehadiran bulan Ramadhan ini. Beliau juga mengajak kita untuk selalu berpegang dan berpedoman pada kitab suci Al-Qur’an dalam segala tindakan, ucapan dan perbuatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar